mamajokaa food blogger bandung

Sejarah Pretzel, Pastry Viral Yang Menjadi Inspirasi Lagu NCT Dream

sejarah pretzel


Kalau Cannoli terkenal karena film The GodFather, maka Pretzel terkenal dan menjadi viral karena NCT Dream. Pretzels, merupakan salah satu jenis pastry yang cukup viral di mancanegara dan Indonesia, memiliki rasa dan bentuk unik nyatanya selain disukai banyak orang juga menjadi inspirasi bagi NCT Dream dalam membuat sebuah lagu.

Lantas apa itu Pretzel dan Bagaimana asal usul serta sejarahnya? Bagaimana lagu NCT Dream bisa terkorelasi dengan pastry Pretzel? Yuk baca selanjutnya

Apa Itu Pretzel


Pretzel adalah pastry yang terbuat dari adonan yang dibentuk simpul menyerupai bentuk love. Pretzel memiliki rasa kombinasi manis dan asin dengan garam sebagai topping yang paling umum digunakan. Namun saat ini Pretzel berkembang tidak hanya pada bentuk simpul yang beranek ragam tapi juga topping atau taburannya. 

Pretzel memiliki asal usul keagamaan yang cukup mengakar kuat dimana dahulu, Pretzel dianggap membawa keberuntungan bagi mereka yang mencicipinya.

pretzel itu apa
Mengenal Pastry Pretzel

Sejarah dan Asal Usul Pretzel


Seperti halnya jenis pastry lain seperti sejarah Cannoli, Pretzel juga memiliki catatan sejarah panjang dan kemungkinan perbedaan pendapat terkait asal usulnya.

The New York Times  melaporkan pada tahun 1988 bahwa sebuah manuskrip iluminati pada abad kelima di Vatikan menampilkan penemuan Pretzel pertama kali, 

Namun versi paling umum yang beredar terkait sejarah Pretzel adalah Pretzel merupakan kue yang digunakan oleh pendeta di Italia sebagai persembahan untuk anak - anak yang belajar berdoa di gereja pada tahun 610 M. 

Sang pendeta menggulung beberapa potong adonan dan menyilangkannya agar menyerupai dua tangan yang sedang berdoa, dan setelah dia memanggangnya, pretzel pun lahir. Hal ini dikemukakan oleh Bryan Bunch dan Alexander Hellemans dalam bukunya The History of Science and Technology. Namun tidak ada sumber yang menguatkan klaim ini.

Namun sumber lain juga menyatakan bahwa Pretzel diciptakan oleh pembuat roti yang putus asa dan disandera oleh pejabat setempat Di Jerman.

Terkait nama Pretzel, kemungkinan terbesarnya berasal dari bahasa Jerman " Brezel " atau dari bahasa Latin bracellus (istilah abad pertengahan untuk 'gelang'),atau bracchiola ('lengan kecil').

Dalam ensiklopedia bergambar "Hortus deliciarum" abad ke-19 , Pretzel muncul dalam Ilustrasi abad ke-12 tentang perjamuan Ratu Ester dan Raja Ahasuerus  yang terdapat Pretzel diatas hidangan meja.

Penggambaran awal Pretzel lainnya juga terdapat pada buku doa "Book of Hours"  milik Catherine dari Cleves (1417–1476) pada halaman  yang menggambarkan Santo Bartholomew yang dikelilingi oleh Pretzel yang pada saat itu menjadi lambang keberuntungan. 

Lalu pada tahun 1450, orang Jerman memakan pretzel dan telur rebus untuk makan malam pada hari Jumat Agung – hari puasa. Pretzel melambangkan kehidupan abadi, dan dua telur rebus, yang terletak di masing-masing lekukan pretzel yang besar, melambangkan kelahiran kembali Paskah.

Tradisi parkah di Jerman terkait Pretzel adalah, anak-anak mencari pretzel dan telur rebus yang tersembunyi di seluruh peternakan orang tua mereka. Nampaknya, tradisi paskah yang satu ini masih berlangsung hingga saait ini ya.

Kemudian tahun 1483 pedagang roti mulai menjual Pretzel seperti penjual kaki lima yang menggunakan oven portable beroda

Pada abad ke-16, para pembuat pretzel menjadi pahlawan bagi kememangan Wina atas Turki Turki Ottoman pada tahun 1529 dimana tentara dari Kekaisaran Ottoman memulai pengepungan di Wina dengan membuat terowongan di bawah kota Austria. 

Namun, beberapa biarawan di ruang bawah tanah biara, yang sedang bekerja keras membuat Pretzel untuk hari berikutnya, mendengar hal ini dan dengan cepat memberi tahu pimpinan kota dan militer. Dengan demikian para biarawan mampu menggagalkan serangan pauskan Turki Ottoman. Sebagai ucapan terima kasih, kaisar Austria memberi para pembuat pretzel sebuah lambang berbentuk singa yang  memegang pretzel. Lambang ini lantas digunakan sebagai lambang toko roti terutama pretzel Eropa hingga saat ini .

Pada abad ke-17, Pretzel yang memiliki bentuk simpul yang saling bertautan menjadi lambang cinta yang abadi dan menurut legenda Swiss, pada tahun 1614 pasangan kerajaan menggunakan Pretzel dalam upacara pernikahan untuk menyegel ikatan pernikahan, dan kebiasaan ini mungkin menjadi asal mula ungkapan "tying the knot " ( mengikat simpul ). 

Sementara itu di Jerman, pada abad ke-17 anak-anak mengenakan kalung pretzel pada Tahun Baru sebagai simbol keberuntungan dan kemakmuran untuk tahun yang akan datang.

asal usul pretzel
Sejarah dan asal usul Pretzel


Pretzel Tertua di Dunia


Dikutip dari thehistoryblog.com, telah ditemukan Pretzel tertua di dunia yang berasal dari penggalian Pasar Danube di Regensburg, Bavaria, dimana telah ditemukan sisa-sisa dua Pretzel, tiga roti gulung, dan satu croissant yang berasal dari abad ke-18. 

Berdasarkan penanggalan radiokarbon pada penemuan tersebut, hasilnya menunjukkan bahwa makanan panggang tersebut dibuat antara tahun 1700 dan 1800, tetapi penelitian sejarah menunjukkan bahwa makanan tersebut dibuat pada paruh kedua abad tersebut. 

pretzel tertua di dunia
Sejarah lambang Pretzel dan Pretzel tertua di dunia

Bukti Penemuan Pretzel Lainnya


Selain Ensiklopedia bergambar Hortus deliciarum, Pretzel juga ditemukan adalam beberapa buku pada jaman   Medieval  lainnya seperti yang dinyatakan oleh larsdatter.com yaitu : 

  • Esther and Ahashuerus, Hortus Deliciarum, 1190
  • A ceiling in Wrocław, c. 1380-1400
  • The Last Supper, a fresco at the church of St. Valentine in Termeno, Italy, c. 1420-1430
  • A heraldic pretzel in an illustrated prayerbook (Hs. 2 Cmm. 123, fol. 36r), c. 1424-1434
  • St. Bartholomew, the Hours of Catherine of Cleves (PML M.917, fol. 228), c. 1440
  • The seals of a shoemaker, a butcher, and a baker, 1442
  • Vlrich Galster, The Mendel Housebook (Amb. 317.2, fol. 84r), 1465
  • A baking oven, Konzil von Konstanz (Rosgartenmuseum Konstanz, Hs 1, fol. 23r), c. 1464
  • A pie-baker, Konzil von Konstanz (ÖNB 3044, fol. 48v), c. 1465-1475
  • Detail from St. Elizabeth of Thuringia bathing the lepers, c. 1495-1505
  • The Last Supper by Martin Schaffner, 1515
  • A heraldic pretzel relief, 1518
  • Butcher’s Stall by Pieter Aertsen, 1551
  • Detail from The Battle of Carnival and Lent by Pieter Bruegel the Elder, 1559
  • Jorg Urlaub, The Mendel Housebook (Amb. 317b.2, fol. 23r), 1568
  • Lienhartt Rueger, The Mendel Housebook (Amb. 317b.2, fol. 33r), 1575
  • Ott Castner, The Mendel Housebook (Amb. 317b.2, fol. 43v), 1585
  • A covered silver cup with a baker holding a pretzel, made by Christoph Epfenhauser III c. 1590-1595
  • Hanns Gemainer, The Mendel Housebook (Amb. 317b.2, fol. 85r), 1607
  • Two boys singing by Abraham Bloemaert (see also print, c. 1625-1628)
  • Still life by Georg Flegel, 1637

Bukti Penemuan Pretzel Lainnya
Bukti Penemuan Pretzel Lainnya

Bahan-bahan yang dibutuhkan Membuat Pretzel


Pretzel menggunakan bahan utama seperti membuat Croissant namun tanpa mentega, yaitu terigu, air, ragi dan garam lalu dibentuk seperti simpul dan dipanggang. Garam adalah bumbu atau taburan yang paling umum untuk pretzel dengan permukaan mengkilap dan rasa unik yang diperoleh melalui reaksi Maillard.

Pada dasarnya, proses Maillard adalah reaksi yang diaktifkan oleh panas antara gula kecil dan asam amino.

Sebelum dipanggang, Pretzel direbus dalam larutan alkali kaustik. Proses ini akan mengubah rasio antara gula dan protein dimana larutan alkali memecah protein yang ada dalam adonan menjadi potongan-potongan kecil menjadi asam amino kecil yang kemudian digabungkan dengan gula dalam saus untuk menciptakan senyawa rasa pada kulit pretzel.

Proses Maillard menyebabkan kerak coklat tua, lengan yang renyah, dan rasa yang khas pada Pretzel.

Meramu Romantisme Layaknya Membuat Pretzel Ala NCT Dream


Ketika saya berburu informasi bikin Pretzels di Mba Google, saya tidak hanya menemukan berbagai resep tapi juga suguhan link lirik dan video musik lagu Pretzel-nya NCT Dream.

Ofkors saya penasaran kan, di dengerin lah lagunya dan dibaca liriknya. Iiiiih masa, di lirik lagunya tertuang cara bikin Pretzel sih? Hihihi.

Dikutip dari postingan akun Twitter (X) NCT DREAM CENTER pada 11.30 AM · 4 Jul 2023, tertulis

"230704 NCT DREAM 'Pretzel ( ♡ )' adalah lagu pop dengan intro synth lembut yang mengesankan dan irama asyik namun sederhana. Liriknya menunjukkan indahnya mengungkapkan cinta kepada pasangan dengan pretzel berbentuk hati seperti emoticon ♡"

album istj nct dream
Album ISTJ NCT Dream dimana terdapat lagu "Pretzel" (sumber wikipedia)

video musik pretzel nct dream
Thumbnail video musik lirik lagu Pretzel NCT Dream

Siapa NCT Dream


Btw, buat Mom yang belum tahu siapa itu NCT Dream, jadi NCT Dream adalah salah satu boygrup Kpop terkenal yang merupakan sub-unit ketiga dari boyband Korea Selatan NCT yang dibentuk oleh SM Entertainment pada tahun 2016.

Saya sendiri gak begitu ngefans sih dengan NCT Dream, mungkin hanya satu lagu yang saya tahu dari NCT Dream yaitu lagu “Kick It" yang seingat saya liriknya terkenal dengan kata “new thangs” dan goyang jari diatas kepala. Lagunya memang enak buat goyang jari sih, hehe.

Lirik Lagu Pretzel NCT Dream


Lagu Pretzel (♡) by NCT Dream adalah salah satu lagu berdurasi 3:25 dalam album mereka yang ketiga bertajuk “ISTJ”. Lirik lagu ini dibuat oleh 장정원 (Jang Jung Won), Music composed by Ludwig Lindell, Chris Meyer & Pontus Petersson dan Arrangement by Lindell & Kalm

So, gimana sih romantisme ala NCT Dream yang terinspirasi Pretzel? Jadi liriknya tuh menggambarkan bagaimana meramu, membuat cinta semakin hangat, membara dan manis lantas menjadi candu seperti membuat Pretzel.

Tapi benarkan cara membuat pretzel sama persis dengan cara membuat pretzel di lagu NCT Dream? Coba perhatikan terjemahan lirik Romanization Hangul Lagu Pretzel – NCT Dream berikut yang saya padatkan dengan menghilangkan bagian chorus, karena sama sih liriknya.

terjemahan lirik lagu pretzel nct dream
Terjemahan lirik lagu "Pretzel" NCT Dream


Jadi, dengerin lagu Pretzel - NCT Dream ini kita bisa sambil belajar bikin pretzel sih meski gak se-gamblang itu. Beberapa proses bikin Pretzel sama, dan ternyata proses bikin Pretzel sama dengan proses membuka hati ya, ahiiw!! wkwkwk

Katanya NCT, Cinta itu gak harus terlalu manis seperti Pretzel, Ini bener sih karena Pretzel punya rasa kombinasi asin dan manis

Keluarkan hatimu yang telah lama menunggu (artinya udah kelamaan jomblo kali ya, hehe) lalu rebus, dinginkan dan bungkus dengan suhu lembab dan perhatikan hingga akhir. Ini juga benar, karena dalam proses bikin Pretzel ada teknik boiling atau merebus sekian detik sebelum digoreng.

“Satu lapis dua lapis ditumpuk, hatiku semakin membesar setiap saat”
“Pretzel (hitung sampai sepuluh) tunggu dulu, tunggu dulu, tunggu dulu, biarkan mengembang sedikit lagi”

Maksudnya mungkin, si hati yang udah kelamaan jomblo ini dikeluarin dong, terus ibarat bikin adonan pretzel campur nih dengan bumbu asmara lainnya lalu bungkus (kalau dalam pastry ada yang namanya proses resting, biar adonannya mengembang . Bagian ini juga bener ya. So Overall, cara bikin Pretzel ala NCT Dream bener ya, hehe.

Kesimpulan


Cara bikin Pretzel yang unik karena ada proses Maillard terlebih dahulu dan bentuknya yang seperti love, memang layak sih dijadikan inspirasi bikin sebuah lagu.

Tapi beyond that fact, Pretzel merupakan pastry agung yang digunakan pada perayaan hari besar keagamaan kristen dan budaya lokal terutama paskah dan tahun baru. Bentuk Pretzel yang seperti simpul sudah menjadi trademark tersendiri sebagai pastry Danish dan jerman yang bahkan kue lebaran Monde Cookies memiliki salah satu kue yang bentuknya mirip simpul Pretzel., padahal nyatanya itu adalah kue butter cookies atau kue kering.

Untuk membuat Pretzel original, selain memperhatikan penggunaan bahan juga proses Maillard sih yang menyebabkan kulit Pretzel berkerak dan warna kecoklatan. Apakah Mom mau mencoba membuatnya? Atau ingin langsung lahap saja? Boleh mengunjungi toko kue terdekat ya, tapi kalau di Bandung dan mungkin beberapa kota lain, Pretzel sangat terkenal hadir di Auntie Anne's, toko kue yang khusus menjual Pretzel.

Referensi :
https://id.wikipedia.org/wiki/Pretzel
https://www.kompas.com/food/read/2021/10/12/221700775/sejarah-pretzel-camilan-khas-eropa-dengan-bentuk-unik
https://www.invermerebakery.com/the-pretzel-story/
https://genius.com/Nct-dream-pretzel-lyrics/q/writer
https://www.idntimes.com/food/recipe/gebialya-rahmani-1/resep-pretzel-c1c2?page=all
https://en.wikipedia.org/wiki/ISTJ_(album)
https://www.foodandwine.com/lifestyle/religious-history-pretzels
https://lassho.edu.vn/breaking-bread-the-history-of-the-pretzel/
https://artaalba.ro/en/the-pretzel-a-history-of-hundreds-of-years/
https://www.thehistoryblog.com/archives/35285
https://www.facsimilefinder.com/facsimiles/hortus-deliciarum-facsimile
http://www.larsdatter.com/pretzels.htm

23 komentar

  1. bentuk pretzel ini mirip seperti jajanan yang biasanya hadir di waktu lebaran ya mba,, hehehe.. cukup familiar sekali bentuknya

    BalasHapus
  2. Dibalik rasa dan tampilannya, ternyata sejarahnya sangat terkait dengan kegiatan keagamaan ya.

    BalasHapus
  3. Baru engeh soal Pretzel ini.
    Selalu ada sejarah unik di balik sebuah pastry ya, dan Pretzel ini masih terkait dengan unsur keagamaan

    BalasHapus
  4. Pretzel, camilan roti panggang berbentuk simpul yang identik dengan taburan garam kasar, kini tak hanya populer di Eropa dan Amerika, tapi juga di Indonesia. Kepopulerannya semakin melonjak berkat lagu terbaru NCT Dream, "Beatbox", yang terinspirasi dari camilan lezat ini.

    BalasHapus
  5. Plssss, lagu ini enak banget. Apalagi live version nya pas konser TDS 3 yang masih berlangsung sampai sekarang. Candu banget emang lagu ini. Dan ternyata liriknya menggambarkan proses pembuatannya ya haha. Tapi maaf ya mbak koreksi dikit aja, "Kict It" tuh lagunya NCT 127, subunit kedua dari NCT. Tapi gapapa, masih sama-sama encete kok wkwk.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wkwkwkwk, mohon maaf yaaaa, thank youuuu ada fansnya NCT nih, hihihi

      Hapus
  6. Ternyata sejarah pretzel pastry ini lumayan panjang juga ya. Jadi makin tau, kalau ada cerita menarik dan unik di balik makanan yang viral ini.

    BalasHapus
  7. Kalo soal Pretzel, aku jadi inget kartun si susu Wilk, karena ada episode tentang sejarah Pretzel ini. Xixixi..

    Proses pembuuatan Pretzel juga lebih kompleks ya, teh. Yg jelas, pastry satu ini sih udah jadi favorit banyak orang, termasuk akyu, hehe

    BalasHapus
  8. Aku pernah nonton nih dari sebuah series animasi anak tentang si kue pretzel berbentuk hati yang memang tadinya merupakan penganan yang diberikan oleh para pendeta di Italia untuk anak-anak biar betah ke gereja. Nah nah ... baru nih aku eungeuh kalau ada lagu Pretzel dari NCT Dream.

    BalasHapus
  9. Ooo ternyata roti kering yang di produk Monde itu hanya mengadaptasi bentuknya aja ya, bukan termasuk pretzel klo gitu ya? Selama ini taunya ya rasa pretzel kayak gitu hehehee... ternyata salah

    BalasHapus
  10. Kyknya Jang Jung Won ini nulis lagu saat makan Pretzel deh. Trs dia ngulik2 sejarahnya. Voila. Terciptalah lagu romantis dan renyah yg enak didengar telinga.

    Kebetulan NCT Drams inj emg anggotanya anak muda. Kyk Pretzel deh yg isinya kue manis dan renyah semanis anggita NCT Dreams. Salam utk Sijeni se Indonesia yg suka Pretzel ya.

    BalasHapus
  11. Baca sejarah prestzel dari Jerman langsung ingat Hansel dan Gretel hehe

    dan ternyata bisa jadi inspirasi boy band Korea untuk bikin lagu..secinta itu mungkin mereka ya mba sama pretzel

    BalasHapus
  12. Kenapa ya aku kurang suka sama pastry satu ini. Karena kalo yang selama ini aku makan kaya terlalu kering sama asin gurih aja. Teksturnya itu yang nggak aku suka. Memang pretzel gitu ya

    BalasHapus
  13. NCT Dream idolanya temenku yang suka banget sama idol satu itu. Wah ternyata liriknya mengandung cara membuat pretzel, haha. Emang lirik lagu tuh kalau dibaca lagi makanannya bisa mengartikan sesuatu yaa, deep maknanya. Nggak nyangka banget kalau ada yang bahas pastry di lagu, hehehe

    BalasHapus
  14. Jadi pengen mencicipi petzel ini supaya saya juga termasuk orang yang beruntung. Hehe... Bagi orang Korea yg kreatif, makanan saja bisa jadi ide lagu yg bikin hits dan mendatangkan cuan ya

    BalasHapus
  15. Lagu berisi resep pretzel! Ahahaha...lucuuuu. Musisi Indonesia ada nggak yang bikin lagi berisi resep rendang, dodol, awug, pecel, atau makanan lainnya?

    BalasHapus
  16. Pretzel, aku baru tahu namanya, jadi penasaran sama rasanya apa mirip croisant kali ya? Gagal fokus juga sma lirik lagu NCT, terinspirasi dari makanan gitu kali ya, kereen

    BalasHapus
  17. Aiih, ada ayang-ayang akooh..
    Btw, pertama lagu ini nongol pas teaser album ISTJ, aku paling gak familiar juga sama nadanya. But, mana ada lagu-lagu esem yang langsung nyaut kalok baru pertama kali denger??
    Ini uda jadi rumus kami sebagai SM Stan siih yaa.. Hihii..

    Dan kagum sama teh Eka yang bisa menuliskannya runut sejarah kue Pretzel.
    Gak hanya cinta, ada makna yang mengingatkan kita akan sejarah kemenangan Turki Ottoman.

    Btw, kalau di Eropa, beberapa kue menjadi saksi sejarah langsung akan perjuangan begitu, bikin pas makan mendadak jadi nasionalis gitu gak yaah??

    BalasHapus
  18. Aku belum pernah makan Pretzel sih mba Eka, kayak baru pertama dengar. Penasaran deh sama rasanya..

    BalasHapus
  19. Kapan haris empat mau bikin Pretzal ini, tapi masih pikir-pikir, kira-kira orang-orang bakal senang produk ini ga? Jadinya asih belum bikin deh. hehe. Next mau cobain aja deh, buat cek rasa dulu

    BalasHapus
  20. Oh ini saya tahu bentuknya pretzel, cuma gak tahu kalau namanya pretzel. BTW, saya pernah makan gak ya? Hmmm... kayak gak, soalnha cuma lihat di gambar saja.

    BalasHapus
  21. Camilan favorit anak aku nih! teksturnya kenyal tapi lembut dan nyaman bangetpas dimakan :')

    BalasHapus
  22. baru ngeh namanya Pretzel, padahal sering makan tai baru ngeh namanya ini. Dan baru tahu juga ternyata jadi inspirasi di lagu NCT, unik sekali ya dan inspirasi memang bisa dari mana saja

    BalasHapus