Logo Komunitas BRT Network

Ayam Cabai Hijau Kuah Susu ala Tiga Sapi Susu Evaporasi

Tiga Sapi Susu Evaporasi
Ayam cabe hijau kuah susu Tiga Sapi Susu Evaporasi. Dokumentasi pribadi.



Bah, mau makan sama apa hari ini?” tanya saya pada Pak Suami,
Apa aja deh yang seger terus agak anget dikit lah” jawab Pak Suami,
Hmmm, yang seger dan agak anget. Apa ya?” tanya saya pada diri sendiri, lalu…

Ahaaa!! Saya ada ide!!

Kalau aku bikinin ayam cabai hijau kuah susu gimana?” tanya saya antusias,
Waaahh! nah boleh juga tuh mah. Bikinin dong” jawabnya senang,
Ashiaappp! “ Jawab saya semangat

Dengan sigap saya pun bergegas ambil kunci motor dan melaju menuju warung sayur Ibrahim langganan saya lalu melipir ke supermarket untuk membeli Tiga Sapi Susu Evaporasi untuk kuah susunya. Sudah terbayang nih nikmatnya Ayam Cabai Kuah Susu menggunakan Tiga Sapi Susu Evaporasi, hhmmmm gak sabar pengen masak.

Ayam Cabai Hijau Kuah Susu ala Tiga Sapi Susu Evaporasi



Ayam cabe hijau kuah susu ala Tiga Sapi Susu Evaporasi
Ayam Cabe Hijau Kuah Susu ala Tiga Sapi Susu Evaporasi 
( Dokumentasi milik pribadi)



Pembaca setia mamajokaa pasti bertanya, kenapa sih kepikiran bikin ayam cabai hijau kuah susu?

Karena kami keluarga pecinta daging ayam dan saya sendiri pencinta cabai hijau, hehe. Apa pun kuliner terutama masakan rumahan yang saya buat mostly pakai cabai hijau. Misalnya tumis jamur tiram, pasti saya gak lupa pakai cabai hijau sebagai garnis dan teman santapan jamur. Tumis tahu atau tempe kecap, juga pasti saya sertakan si cabai hijau. Bahkan ase cabai hijau menjadi salah satu masakan favorit saya terlebih ketika disajikan saat ramadan dan lebaran tiba.

Kenapa Kuah Susu? karena Kuah Susu punya rasa yang gurih, Nikmat dan menyehatkan. Yess, itulah alasan kenapa saya kepikiran bikin ayam cabai hijau kuah susu untuk suami saya. Sebetulnya, Ayam cabai hijau kuah susu ini merupakan modifikasi dari opor ayam pada umumnya. Tetapi saya tidak menggunakan banyak kunyit melainkan mengandalkan kemiri, tomat bahkan menambah cabai merah dan kuah susu sebagai pengganti santan. 

Susu sebagai subtitusi santan pada masakan? emang bisa ya?

Tentu aja bisa, terlebih bagi kami yang sudah tidak bisa lagi mengkonsumsi santan karena saya sudah tidak memiliki kantong empedu dan suami yang memiliki riwayat sakit GERD. Sehingga kami sangat membatasi penggunaan lemak dalam masakan termasuk santan. Sejujurnya, setiap kali selesai mengkonsumsi masakan yang menggunakan santan pencernaan kami auto bermasalah. Mulai dari GERD pak suami yang kumat dan saya yang tidak henti mengalami diare.

Jadi sejak saya pasca operasi pengangkatan kantong empedu tahun lalu, kami benar - benar berhenti menggunakan santan di setiap masakan. Susu evaporasi menjadi pilihan pengganti santan di setiap masakan, baik di opor ayam, sambal goreng kentang hingga rendang, semur daging dan semua jenis masakan yang sangat bergantung pada santan.

Tiga Sapi Susu Evaporasi juga bisa digunakan untuk hidangan makanan atau minuman lainnya loh Mom's dan rasanya akan lebih nikmat. 

Bagaimana rasanya? rasanya justru malah mengejutkan!! ternyata enak banget, gurih manis gitu deh pokoknya. Ayam Cabai hijau kuah susu ala Tiga Sapi Susu Evaporasi bikinan saya auto bikin nambah porsi makan pak suami dan saya sendiri, hehe.

Manfaat Cabai Hijau Untuk Kesehatan

Tau tidak Mom’s kalau ternyata cabai hijau punya banyak manfaat terhadap kesehatan? Selain Cabai hijau punya aroma khas yang unik dan khas ketika digunakan sebagai garnis atau salah satu bumbu masakan, ternyata cabai hijau memiliki banyak manfaat untuk kesehatan selama dimasak tidak terlalu matang dan dalam takaran konsumsi yang tepat. Dikutip dari berbagai sumber referensi, berikut manfaat cabai hijau untuk kesehatan yaitu :

  • Perlindungan terhadap kanker dan antioksidan
  • Meningkatkan kekebalan tubuh karena memiliki kandungan 322 mg Kalium, 143,7 mg vitamin C dan 14 mg Kalsium
  • kaya akan vitamin E untuk memproduksi minyak kulit alami
  • Mengurangi tingkat gula darah
  • menjaga kesehatan mata dan sistem pencernaan serta pernafasan

Waahh banyak sekali ya manfaat yang terkandung dalam 100 gr cabai hijau. Semakin semangat nih masak Ayam cabai hijau kuah susu ala Tiga Sapi Susu Evaporasi kali ini. Semangat saya pun bertambah karena saya ingin ikutan Challenge Kreasi Merah Putih loh.


Challenge Kreasi Merah Putih, Bikin Masak Nambah Semangat


Jadi Mom’s aku tuh sebetulnya tipe emak - emak  yang gak terlalu suka masak tapi suka tertantang gitu kalau ada challenge. Naah ikutan lah aku sama challenge nya susu Tiga Sapi yang bertema Challenge Kreasi Merah Putih dengan resep favorit Ayam Cabai Hijau Kuah Susu ala Tiga Sapi Susu Evaporasi.

Challenge Kreasi Merah Putih
Challenge Kreasi Merah Putih ( gambar instagram @lezatnyatigasapi)



Challenge nya kan kreasi merah putih, tapi kok masakannya gak merah putih? yaa gak gitu juga Mom’s, hehe. Jadi Challenge Kreasi Merah Putih itu adalah tantangan memasak dalam rangka merayakan Hari Kemerdekaan Indonesia. Kreasi masakan yang dibuat merupakan masakan, makanan atau minuman tradisional khas Indonesia yang menggunakan produk Tiga Sapi Kental Manis atau Tiga Sapi Susu Evaporasi.

Untuk ikutan tantangan Kreasi Merah Putih dari Tiga Sapi, Mom’s hanya perlu upload foto kreasi makanan atau minuman tradisional khas Indonesia menggunakan produk Tiga sapi. 

Mudah banget kan? buatku sih mudah, hehe. Apalagi hadiahnya bikin ngiler loh. Pemenang utama dapat hadiah Rp 5.000.000. Selain itu juga ada pemenang favorit yang akan mendapatkan saldo e-wallet sebesar Rp 250.000. Waahh ini sih challenge yang oke banget ya. Lumayan tuh kalau bisa jadi pemenang mingguan, hadiahnya bisa beli alat masak yang baru, hehe.

Oh iya, Challenge Kreasi Merah Putih ini berlangsung sampai akhir agustus loh. Yukk ikutan Kreasi Merah Putih karena masih banyak waktu nih sampai akhir agustus 2022.

Produk Tiga Sapi Untuk Kuah Susu Yang Gurih dan Lezat


Dalam resep ayam cabai hijau kuah susu kali ini, saya menggunakan produk Tiga Sapi Susu Evaporasi. Kenapa Tiga Sapi Susu Evaporasi?

Karena Tiga Sapi Susu Evaporasi merupakan susu tanpa lemak yang sudah diproses secara higienis sedemikian rupa sehingga kadar airnya berkurang. Sehingga teksture Tiga Sapi Susu Evaporasi ini sedikit lebih kental mirip santan dan memiliki rasa yang creamy dan gurih. Bukan hanya soal teksture yang kental dan rasa yang gurih, Tiga Sapi Susu Evaporasi juga punya kemasan yang mudah dibuka dan ditutup kembali.  Tiga Sapi Susu Evaporasi memiliki Kemasan kotak yang praktis dan efisien yang merupakan kemasan kotak susu evaporasi pertama di Indonesia.

Menurut saya yang sudah mencoba, Tiga Sapi Susu Evaporasi emang cocok banget digunakan sebagai bahan masakan tradisional. Selain itu, Tiga Sapi Susu Evaporasi memiliki Harga Lebih Hemat dan Isi Lebih Banyak. Kalau Sudah Dibuka, Bisa Ditutup Kembali. Harga ekonomis: Rp.15.000/ Pcs 500g. Isi lebih banyak 25%.


Tiga Sapi Kental Manis
KelebihanTiga Sapi Kental Manis, Dokumentasi pribadi



Mom’s bisa mendapatkan Tiga Sapi Susu Evaporasi di supermarket terdekat. Saya sendiri mendapatkan Tiga Sapi Susu Evaporasi ini dengan sangat mudah, tersedia dengan stok banyak di supermarket dekat rumah saya.

Tahu tidak Mom's? karena Tiga Sapi Susu Evaporasi punya rasa gurih dan teksture nya kental, Mom’s bisa mengkonsumsi Tiga Sapi Susu Evaporasi secara langsung loh, tapi lebih nikmat kalau menjadi bahan campuran untuk membuat makanan atau minuman lainnya selain masakan yang saya buat. 

Mom's dapat membuat minuman es cendol, es campur, Dalgona, Thai Tea dan Macaroni Schotel atau cake menggunakan Tiga Sapi Susu Evaporasi.

Selain menggunakan Tiga Sapi Susu Evaporasi sebagai bahan campuran, Mom's juga bisa menggunakan  Tiga Sapi Kental Manis. Karena Tiga Sapi Kental Manis memiliki segala kebaikan susu seperti Vitamin A, B1, D3 dan kalsium tentunya. Tiga Sapi Kental Manis bisa juga digunakan untuk membuat makanan dan minuman. Acara piknik juga semakin meriah dengan sajian menu khas piknik seperti agar - agar, kue dan snack yang dibuat menggunakan Tiga Sapi Kental Manis. 

Selain itu, Tiga Sapi Kental Manis Lebih Praktis dan Ekonomis. Memiliki manfaat: Sumber kalsium dan Vit D3, Tinggi vit A & B1. Harga ekonomis: Rp.12.000/kaleng 490g.

Saya sih Auto jadi penggermar produk Tiga Sapi, karena ternyata   anak laki - laki kami juga suka dengan rasa Tiga Sapi Kental Manis. Terus saya gampang banget mendapatkan produk Tiga Sapi, di minimarket stoknya selalu tersedia.


Kelebihan Tiga Sapi Susu Evaporasi
Kelebihan dan manfaat Tiga Sapi Susu Evaporasi, Dokumentasi pribadi



Resep Ayam Cabai Hijau Kuah Susu ala Tiga Sapi Susu Evaporasi



Kreasi Merah Putih
Ayam Cabe Hijau Kuah Susu ala Tiga Sapi Susu Evaporasi 
( Dokumentasi milik pribadi)



Mom’s pasti penasaran kan dengan resep Ayam cabai kuah susu ala Tiga Sapi Susu Evaporasi? yuk simak resep nya di bawah ini ya Mom’s.


Bahan Yang Digunakan :

½ isi Tiga Sapi Susu Evaporasi
½ kg Daging Ayam
5 - 10 sdm minyak goreng
10 potong Tahu Kuning
5 cm Lengkuas
5 Lembar Daun Salam
2 Batang Serai
6 Buah Cabai Hijau
1 liter Air Matang

Bumbu Yang Di Haluskan :

7 Siung Bawang Merah
3 Siung Bawang Putih
1 cm Kunyit
5 - 10 Butir Kemiri
1 Buah Tomat
2 Buah Cabai Merah

Bumbu Yang Digunakan

1 sdt Garam
1 sdt MSG
½ sdt Lada Bubuk
4 - 6 sdm Gula Putih

Cara Membuat Ayam Cabai Hijau Kuah Susu ala Tiga Sapi Susu Evaporasi

  1. Cuci bersih daging ayam dan bumbu yang akan digunakan lalu tiriskan
  2. Siapkan Tiga Sapi Susu Evaporasi 
  3. Ulek atau blender bumbu yang dihaluskan, sisihkan
  4. Siapkan wajan dan tambahkan minyak goreng
  5. Goreng tahu terlebih dahulu hingga setengah matang lalu tiriskan
  6. tumis bumbu halus, lengkuas, daun salam dan batang serai sampai harum dan matang
  7. setelah matang tambahkan air putih dan setelah mendidih masukan daging ayam
  8. Biarkan daging ayam hingga melunak dan agak matang
  9. Setelah daging ayam melunak, masukan tahu yang sudah digoreng
  10. Lalu tambahkan Tiga Sapi Susu Evaporasi yang sudah disiapkan
  11. Tambahkan bumbu seperti garam, MSG, lada bubuk dan gula putih
  12. Masukan cabai hijau yang sudah dipotong ukuran sedang lalu aduk.
  13. Silahkan koreksi rasa sesuai rasa dengan menambah bumbu atau Tiga Sapi Susu Evaporasi.


bahan masakan menggunakan Tiga Sapi Susu Evaporasi
Resep ayam cabe hijau kuah susun Tiga Sapi Susu Evaporasi, Dokumentasi pribadi.





cara membuat ayam cabai hijau kuah susu ala Tiga Sapi Susu Evaporasi
Resep Ayam cab ehijau kuah susu Tiga Sapi Susu Evaporasi, Dokumentasi pribadi.



Yuk Membuat Kreasi Masakan dan Ikutan Challenge Kreasi Merah Putih


Dalam memasak kita pasti mengeluarkan jurus kreatifitas terlebih jika bahan yang umum digunakan tetapi kita tidak bisa menggunakannya karena alasan kesehatan, seperti santan misalnya. Bisa banget mengganti santan dengan Tiga Sapi Susu Evaporasi. Rasanya? gurih , creamy dan lezat loh mom’s. Saya malah sampai nambah porsi makan, hehe. Begitu juga Pak Suami.

Saya yakin, Mom’s juga pasti punya resep andalan dengan kreatifitas yang unik dan berbeda. Share yuk mom resep andalan Mom’s dengan ikutan Challenge Kreasi Merah Putih Tiga Sapi. Jadi sesama Ibu - ibu bisa saling tukar resep dan mencoba resep baru yang unik juga. Saya pun penasaran nih dengan resep unik dari Mom’s seperti apa dan ingin mencobanya.

Apa pun resepnya kalau memakai Tiga Sapi Susu Evaporasi dan Tiga Sapi Kental Manis sih saya yakin pasti enak :)

50 komentar

  1. Mbaaaaa aku mau coba ah Minggu depan resepnyaa 😘. Kliatan ENAAAK. Aku jadi tau juga kalo susu yg evaporasi ini bukan susu yg utk dikonsumsi langsung . Berarti memang untuk masak sebagai ganti santan ya mba

    Nah aku udh oelan2 mau ngurangin santan soalnya. Awalnya pake krimer fib*rcreme, tapi Krn hrg juga agak mahal, belinya kadang2 aja 😂. Susu memang lebih murah sih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah mba fanny, ternyata susu bisa menggantikan santan yaa, aku jadi pengen ikutan coba nih.

      Hapus
  2. Wah pasti nikmat banget nih jadi pengen cobain resepnya, aku juga penyuka ayam pasti gurih sedap dimasak kaya gini

    BalasHapus
  3. Wah tamoak menggiurkan ini ayam cabai hijaunya
    Kebayan rasanya gurih manis pedas berpadu jadi satu
    Pasti cita rasanya unik. Ide bagus nih ganti santan dengan susu, pastinya lebih sehat ya

    BalasHapus
  4. Wah...belum nyoba nih pakai susu pengganti santan. Susu biasanya aku pakai bikin puding, roti atau kue. Kalau untuk lauk-pauk belum nih. Ternyata bisa ya...Coba ah...lebih sehat yah...

    BalasHapus
  5. Susu tiga sapi aku permah beli enaaak dicampir susu jahe. Dan oles di roti. Dibikin campuran Ayam? Mantap banget

    BalasHapus
  6. Sebagai ibu rumah tangga yang masih baru, saya selalu nyari resep masakan untuk dimasak buat suami, dan nemuuu... Makasih mba resepnya. Bakalan dicoba. Hahahah

    BalasHapus
  7. Susu sebagai pengganti santan, belum pernah coba, tapi sepertinya lebih enak dan lebih gurih ya... Perlu dicoba resepnya

    BalasHapus
  8. wah enak nih sepertinya, icip donk mbak hehehe
    idenya keren nih, susu sebagai pengganti snatan, belum pernah coba sih, kalau rasanya jadi lebih enak kenapa ga dicoba ya

    BalasHapus
  9. Jadi pengen recook, thanks banget ya resepnya jadi penasaran rasanya seperti apa klu pake susu

    BalasHapus
  10. duh menggoda ini :) jadi makin gurih ya kahnya kalau diganti susu evaporasi gini Teh :)

    BalasHapus
  11. wah habis baca resepnya jadi pengen nyobain deh, keliatannya kok enak bangett

    BalasHapus
  12. Setahu saya susu evaporasi itu buat minuman manis atau dessert, ternyata bisa buat masakan juga ya. Jadi penasaran pengen coba. Soalnya saya juga penderita asam lambung jadi nggak bisa banyak makan santan. Makasih resepnya mba ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menarik ya, produk susu evaporasi ini jadi bisa diolah dan dikreasikan dengan berbagai olahan makanan.

      Hapus
  13. Ayam dengan cabe hijau aja udah nikmat.
    Apalagi ini pakai susu evaporasi, makin gurih nih rasanya.
    Jadi pengen

    BalasHapus
  14. Sama saya juga lebih senang pakai cabai hijau sebagai topping/pelengkap. Kadang gulai ayam, atau di sayur. Boleh juga, resep ayam nya menggunakan 'tigasapi'.

    BalasHapus
  15. Entah kenapa cabai hijau itu nggak pernah salah yaaa, enak banget gitu lo. Apalagi liat resep ini jadi pengen recook aja bawaannya.

    BalasHapus
  16. Saya penyuka ayam, nih mbak. Seneng banget kalo ada resep baru olahan ayam kek gini.
    Pingin nyobaa.

    BalasHapus
  17. Mantap sekali untuk resep ayam cabai hijau dengan Tiga Sapi Evaporasi. Semoga jadi pemenang yach. Ulasannya memuaskan dan bagus!

    BalasHapus
  18. Baru tahu susu evaporasi bisa untuk masakan. Kelihatannya yummy banget ya. Jadi menambah inspirasi dalam memasak.

    BalasHapus
  19. Susu evaporasinya aku udah cobain juga teh Eka dan enak banget untuk masak, auto catetin resep ayam cabai hijaunya nih buat di rumah

    BalasHapus
  20. Kebetulan aku punya ayam dan cabai hijau nya, cus cari susu cap tiga sapi ah
    Mau recook resep ini

    BalasHapus
  21. Enak banget nih sepertinya. Penasaran mau coba resep ini

    BalasHapus
  22. Di mindset-ku ayam cabe hijau lebih ke digoreng/tumis pakai cabe hijau gitu, ternyata bisa juga ya dibikin berkuah. Dan ternyata kuahnya nggak harus pakai santan, malah lebih sehat ya kalau pakai susu evaporasi?

    BalasHapus
  23. Wah ternyata cabe hijau banyak manfaatnya ya. Apalagi ga pake santan jadi tetep gurih pake susu tiga sapi. Lezat

    BalasHapus
  24. Makasih resepnya mba, jadi pengin cobain. Unik ya kuahnya pakai susu. Bikin penasaran, hihi

    BalasHapus
  25. saya baru tahu nih kalo ternyata ayam bisa dimasak pakai susu. Jadi tertarik pengen coba juga deh

    BalasHapus
  26. Aku jarang banget pakai susu evaporasi buat masak. Ternyata bisa dan enak ya. Kapan2 mauh ah cobain ^^

    BalasHapus
  27. Auto cobain aah abisni uhuy! Resepnya bikin ngiler nih kak Ekaa <3 hihi makasii udah berbagi resepnyaa

    BalasHapus
  28. Yaampun aku gak pernah jadiin susu sebagai kuah masakanku dari dulu, kecuali masak pasta haha. Baru tau aku dari resep ini. Jd penasaran deh sama rasanya 😅

    BalasHapus
  29. Andaikan ayamnya diganti daging bisa g mbak? Soalnya aku di rumah cuma ada daging,

    BalasHapus
  30. pas banget aku abis belanja belanja nih tadi.. meski santan emang gurih banget, susu nih jadi andalan aku sih. soalnya bisa sekalian buat minuman sementara santan instan kan sekali pakai aja.

    BalasHapus
  31. Wah jadi penasaran dengan rasanya beberapa kali sempat juga sih mengganti santan dengan susu...tapi belum pernah nih resep ini...

    BalasHapus
  32. Auto ngiler liat ini, wajib di recook nih thanks ya utk sharing resepnya

    BalasHapus
  33. Daku belum pernah nih ayam cabai hijaunya pakai susu.
    Boleh dicoba ah, bisa makin menggugah selera ya kak

    BalasHapus
  34. Aku suka pake kental manisnya nih buat bikin cendol jelly. Enak dan yang terpenting sih harganya murah hehe. Baru tau kalau Tiga Sapi ngeluarin produk susu evaporasinya. Boleh nih minggu depan aku recook resepnya pake Tiga Sapi

    BalasHapus
  35. Aku belum pernah bikin resep ini. Aplagi pake susu, jadi santan bisa diganti susu ya ternyata. Bisa kreasi juga nih coba kaya menu spageti yang sering dimasak di rumah ehhe

    BalasHapus
  36. Wah, ini resepnya oke punya. Aku suka beli tiga sapi susu evaporasi. Nanti aku mau coba resepnya. Makasih, Teh :)

    BalasHapus
  37. Masakannya bikin ngiler mba. Jadi pengen nyobain nih resepnya.

    BalasHapus
  38. Duh mbak, jadi laper aku. Tapi nyari yang kek gini di mana.. coba gambarnya bisa disulap jadi beneran hehe

    BalasHapus
  39. Aku belum pernah deh masak dengan bumbu ala ini, jadi pengen coba juga rasanya. Resepnya juga simpel ya

    BalasHapus
  40. Wah, lengkap banget artikelnya mba.. Saya juga pernah masak pakai evaporasi Tiga Sapi nih.. Memang masakan jd lebih kental dan gurihnya pas juga ya..

    BalasHapus
  41. Waah baru tau aku mba, kalau susu evaporasi ternyata bisa menggantikan fungsi santan, ya.

    BalasHapus
  42. wah aku belum pernah nyoba masak ayam cabe ijooo,,, pas ini santannya pakai susu evaporasi aja yaa mba lebih rendah kolesterol kan itu

    BalasHapus
  43. MasyaAllah...infografis ya keren bingits mba...jadi pengen nyobain resepnya ketika lihat infografis sama foto resep ayam cabe ijonya...pengen recook...

    BalasHapus
  44. Aduh duh, Ayam Cabai Hijau Kuah Susu ala Tiga Sapi Susu Evaporasi nya Teh Eka pasti mantep nih rasanya. Aku mau cobain juga ntar teh, coba menu ini dan menu lainnya, biar masakannya makin enak.

    BalasHapus
  45. Makasih da share resep ini ya
    Aku kemarin sudah recook
    Alhamdulillah, sukses
    Orang orang rumah pada suka

    BalasHapus
  46. Kreatif banget deh mbak. Apalah aku yang doyan makan, tapi nggak seneng masak hehe.

    BalasHapus
  47. Beuh keknya enak banget nih. Otw ke tukang sayur nih belanja bahannya

    BalasHapus
  48. Wah ternyata manfaat cabai hijau banyak sekali ya. Makin enak masakannya pakai susu evaporasi dari tiga sapi

    BalasHapus