Tempat Piknik Bandung Timur Instragamable
Taman lembah tangga 101 Bandung




Untuk warga Bandung yang lagi nyari tempat piknik yang instgramable murah meriah, saya rekomendasikan Lembah Tangga 101, kenapa? ada banyak alasan kenapa warga Bandung harus nyoba piknik di taman ini, yuk baca selanjutnya. 
kuliner khas cianjur yang sayang dilewatkan
Kuliner khas Cianjur




Halo Sahabat mamajokaa apa kabar? gimana liburan anaknya? ada yang pulang kampung kah? aku juga jadi ikutan liburan nih sama anak-anak ke kampung halamanku yang sekarang which is rumah ibuku di Bandung, hehe. Tapi kalau bicara kampung halaman yang bener - bener kampung halaman, Cianjur adalah kampung halamanku yang punya kuliner khas Cianjur yang sayang untuk dilewatkan. 

Eh mau tanya dong, apa yang terbayang di benak kita semua ketika mendengar kata kampung halaman? Kangen udah pasti ya. Apa sih yang paling bikin kangen? Selain aroma rumah di kampung halaman, juga sanak saudara tentunya. Kalau aku sih yang paling bikin kangen adalah kulinernya!! Yess. Soal perut emang aku nomer satu tapi giliran masak agak hoream alias males sih, wkwk 😂
Bicara soal kampung halaman, aku lahir di Kabupaten Cianjur. Tau kan ya? Itu loh kampung halamannya Lesti Billar 🤭
Cianjur selalu berkesan buatku, selain karena kotanya kecil dan bikin betah juga bisa di jelajahi seharian juga kulinernya yang unforgetable. Warganya yang ramah dan kalau ngomong dialeknya beda. Terus, meski di kota banyak gang kecil tapi yang namanya selokan bersih dan airnya jernih. Sampai - sampai banyak Tutut alias keong hitam nempel di pinggiran selokan. 
Sebagian sahabat pasti mengenal Cianjur dari ikan bakar khas Cianjur atau tauco nya kan? eh jangan salah, ada banyak kuliner khas Cianjur lainnya yang gak kalah enak dan nikmatnya lho. Kali ini aku mau berbagi tentang kuliner khas Cianjur yang paling aku suka. Siapa tau bisa jadi referensi kalau Sahabat mau liburan atau berkunjung ke Cianjur ya. 

Kuliner Khas Cianjur


Terkait kulineran nih, aku sih gak banyak hang out atau hunting restoran ternama apalagi Instagramable gitu tiap ke di Cianjur. Tapi, ada beberapa makanan yang emang aku tahunya ada di Cianjur aja. Termasuk makanan yang sering disajikan almarhum nenekku setiap aku berkunjung ke Cianjur.
Apa aja sih? Penasaran gak? Yuk kenalan sama kuliner khas Cianjur versi mamajokaa. Psstt, jangan skip baca artikelnya ya, karena aku bakal spill resep salah satu makanan favorite aku dan keluargaku 🥰
1. Bubur Ayam Cianjur
Ini nih kuliner khas Cianjur yang paling bikin aku kangen. Saking galaunya kalau lagi kangen Cianjur, aku hunting bubur Cianjur di Bandung. And the result, dari sekian bubur Cianjur yang pernah aku coba cuman ada satu yang paling mendekati. Bubur Cianjur Hj. Euis di jl. Terusan Antapani Bandung lah pemenangnya. Harganya bersahabat dan teteh nya baik juga ramah. 
Seengaknya aku masih bisa ngerasain pepes daun bawang dan ati ampela yang emang jadi ciri khas utama bubur Cianjur. Juga kerupuk warna warni dan bubur rasa gurih dengan dominan merica atau pedes bubuk 
Yess, Bubur Cianjur emang beda. Dia tuh bukan bubur seperti kebanyakan yang pake cakwe, ayam dan kecap manis. Bubur Cianjur punya rasa dominan gurih. Topingnya terdiri dari :
  • seledri
  • kerupuk warna warni yang diremukan kerupuk emping yang diremukan 
  • Daging ayam suwir
  • Pais/pepes daun bawang
  • Pepes ati ampela ayam
  • Mecin
  • Merica bubuk
  • Kecap asin 
Bagi yang pertama kali mencicipi bubur Cianjur pasti kaget dan ngerasa aneh. Karena sebelumnya kan lidah tahunya bubur ayam yang manis karena pake kecap manis. Begitu nyoba bubur Cianjur, lidah kaya berasa kudu kenalan dulu, hehehe.
Pak suami ku begitu. Apalagi kalau urusan bubur, dia paling gak bisa kalo gak pake kecap. Urusan toping dia gak terlalu peduli selama rasanya manis. 
Nah begitu nyobain bubur Cianjur, ya doi ngerasa aneh terus ngasih kecap manis di atas buburnya. Katanya lebih enak. Tapi setelah percobaan kedua, doi pengen nyobain yang tanpa kecap manis. Ternyata lebih enak di makan tanpa kecap manis. 
Dimana sih bubur Cianjur paling enak? Aku gak tau dimana yang paling enak, tapi langganan aku sih cuman 2 tempat bubur Cianjur yang jualannya di pinggir  sebelah kanan depan gang sumba jl. Salakopi dan depan gang kalimantan jl. selakopi Cianjur. Tukang bubur kedua sih yang paling ramai dan banyak konsumennya. Katanya sih udah cukup terkenal. 
Jalan selakopi bisa banget pake google maps atau kalau dari arah Bandung mau ke Cipanas, pas udah nyampe perempatan Harimart Mall, belok kiri langsung. Kalau belok kanan ntar langsung ke Cipanas dan Puncak pass, hehehe. 
2. Manisan Buah
Manisan buah kayanya udah jadi kuliner khas Cianjur banget ya, semua orang tahu. Manisan buah ada banyak variannnya. Yang paling aku suka manisan mangga yang original dan pedas, manisan ceremei, manisan pala, manisan kedondong dan pepaya. Selain manisan, ada juga khas dari Cianjur tapi masuk manisan, yaitu nata de coco. 
Toko  manisan yang ada di jalan Raya Bandung tuh yang paling enak dan lengkap. Tapi langganan aku di jl Muwardi, pas belokan sebelah kanan setelah pasar ramayana. 
3. Kue Moci
Karena tetanggan sama Sukabumi, kuliner khas Sukabumi ini juga menjadi kuliner khas Cianjur. Rasanya ya sama aja dengan kue moci Sukabumi yang pernah aku coba. Adonan kue moci yang lembut dan pluffy gitu. Isiannya kebanyakan sih kacang ijo. Kue moci banyak yang jual di pinggir jalan atau DI toko manisan, jadi gak susah nyari nya.
4. Mie Aci Oranye
Mie pasar yang banyak dijual di sini, di Bandung tuh biasanya warnanya kuning. Mirip dengan mie yang ada di tukang bakso. Ada juga di yang jualan seblak, bisanya disebut Mie golosor. Tapi Cianjur punya mie aci yang unik, yaitu berwarna oranye. Dan kayaknya hanya ditemukan disana deh, soalnya disini aku belum pernah lihat. 
Mie aci oranye ini paling nikmat kalau di masak tumis biasa dengan sayuran kol, sawi hjau dan bawang daun. Nikmat banget, apalagi kalau ditambah bakso dan sosi. Maknyusss. 
 5. Ikan Pindang 
Ikan pindang dimana aja kayaknya sama deh. Eh tapi ada bedanya lho. Ikan pindang yang dijual di warung -warung sayur di Cianjur tuh diikat pake ikatan bambu dan dipotong kotak-kotak kecil gitu. Kalau di goreng sekaligus sama ikatan bambunya, entah kenapa jadi terasa lebih nikmat dan harum. APalagi kalau dimakan barengan dengan tumis cangkang tangkil.
6. Tumis Cangkang Tangkil
Tumis cangkang tangkil menjadi salah satu kuliner khas cianjur yang jadi favoritku. Di daerah sahabat adakah tumis cangkang tangkil juga? gimana cara masaknya? kalau di Cianjur tuh pakai terasi, asem dan gula merah. Rasanya masyallah nikmat banget deh, apalagi kalau dimakan barengan sama ikan pindang goreng. Wait yaaa, aku bakal kasih resepanya dibawah ini.
7. Sate Maranggi
Kuliner khas Cianjur yang satu ini emang semua orang tahu deh, sate maranggi. Walaupun beberapa orang tahu nya sate maranggi ini khas Purwakarta. Emang gak salah sih, kan Purwakarta dan Cianjur tetanggaan, hehehe. 
Dimana sih yang jualan sate maranggi yang enak di Cianjur? hampir disemua tempat sih. Karena sate maranggi khas Cianjur ini selalu menyajikan sate daging sapi jando dengan ketan dan sambal oncom. Ada juga yang menyediakan sate telur puyuh dan tahu bakar.
Yang bikin beda sate maranggi khas Cianjur tuh di bumbu sate nya. Adonan bawang putih, ketumbar dan bawang merah yang pas lah yang bikin sate maranggi khas Cianjur susah dilupakan.
Rekomendasi banget nih Sate maranggi Cianjur yang jualan di sepanjang jalan Siliwangi, jalanlabuan - cianjur, Sari Asih dan Sate maranggi Mang Iday. Kalau ke Cianjur jangan lupa mampir ke tempat ini ya.


kuliner khas cianjur

kuliner khas cianjur



Resep Tumis Sayur Tangkil, Kuliner Khas Cianjur


Seperti janjiku diatas, berikut aku share resep tumis canggkang tangkil keluargaku. Resep yang diturunkan turun temurun dari uyut sampai aku yang jadi cicitnya, hehe. Selamat mencoba dan menikmati ya.


resep tumis cangkang tangkil khas cianjur


Kuliner Khas Cianjur Pembangkit Kenangan


Setuju kan ya kalau kuliner itu bisa jadi pembangkit kenangan. Termasuk kuliner khas Cianjur bagi mereka yang lahir dan pernah tinggal di Cianjur. Semua kuliner khas Cianjur yang ada di artikel ini pembangkit kenangan banget untukku secara pribadi. Jadi teringat waktu tinggal disana meski tinggal disana hanya ketika aku baru lahir sampai usia 3 tahun, lalu pindah ke Bandung. Tapi setiap tahun setiap lebaran, aku dan keluarga pasti lebaran disana. 

cianjur tahhun 90an
Cianjur tahun 90an yang kurindukan


Kuliner khas Cianjur secara otomatis membangkitkan kenangan yang paling mendalam, seperti aroma khas kota Cianjur yang lembab dengan ingatan akan selokannya yang selalu jernih bahkan ada banyak keong tutut disana. Ingatan naik sado (kereta kuda) dan ingatan akan banyaknya kulah disetiap rumah dan ingatan akan keberadaan enin dan apa yang sudah almarhum.
Bagaimana dengan sahabat, ada kenangan khusus tentang Cianjur? sudah pernah ke Cianjur dan menikmati kuliner khas Cianjur? waahh, asyik ya, kuliner khas Cianjur mana saja yang pernah sahabat coba? yuk nostalgiaan bareng mamajokaa, lumayan lah ngebayangin kegembiraan ketemu Cianjur meski lewat artikel ini.

Referensi foto : indozone, tempatwisataseru, tokopedia, sweettrip, cianjur tea, ig merry tantuwendi, kulinerkota



tips jika anak demam





Cemas, sedih dan bingung adalah hal yang sering saya rasakan ketika Keenan dan Kilan demam.  Apalagi kalau demamnya sampai 39°C dan naik turun - turun selama 3 hari.
Kalau udah kayak gini, saya stress sekaligus kelelahan. Gak jarang saya juga akhirnya ikutan sakit dan insrek - insrekan, idung meler dan kepala dungdeng.
Kalau saya sakit sih gampang, tinggal makan yang banyak terus makan obat, banyak rebahan sambil ngedrakor terus tidur. Besoknya auto jag - jag waringkas.
Tapi anak - anak beda, perkara demam yang naik turun kayak naik jungkit - jungkitan gak bisa jadi normal cuman rebahan dan banyak makan doang. Kadang makan obat penurun panas juga masih gak turun - turun.
Lantas apa yang harus dilakukan kalau anak demam? wajar gak sih kalo anak sering demam?

Anak sering demam wajar gak sih?

Anak usia 1 - 6 tahun rentang mengalami demam. Wajar sih, karena pada usia tersebut anak - anak sedang mengalami perkembangan yang cukup pesat baik secara kognitif dan motorik. Sistem kekebalan tubuh juga belum terbentuk sempurna. Maka, menjadi hal yang sangat wajar ketika anak terpapar virus atau kelelahan menjadi mudah sakit dan demam.
Penyebab demam juga beraneka ragam. Berdasarkan pengalaman, penyebab anak - anak saya sering demam biasanya karena :
1. Main seharian di luar rumah tapi menolak makan siang. 
Kalau anak-anak udah main seharian diluar, pasti mereka keringetan jibrug. Bukan hanya keringetan tapi juga kena aingin besar diluaran sana. Malamnya, udah pasti pegel- pegel ditambah mual dan akhirnya muntah. Masuk angin ini mah. Biasanya kalau udah kayak gini mereka demam.
Biar gak kaya gini lagi solusinya, saya paksa mereka makan siang atau saya udag - udag nuturin (kejar) mereka main dan nyuapin makan siang. Daripada daripada kaann mereka masuk angin nanti, lebih repot.
2. Kebanyakan minum minuman dingin kemasan
Keenan, anak pertama saya sejak kecil kalau udah minum minuman kemasan gelas yang seribuan pasti langsung demam. Saya gak tahu kenapa bisa kayak gitu. Mungkin ada kandungan dalam minuman tersebut yang gak cocok dengan pencernaan dan tubuh auto ngelepas pertahanan tubuh dan demam. Hal ini terjadi sampai sekarang. Jadi saya harus tegas kalau Keenan pengen minuman kemasan ya saya tidak mengizinkan. 
3. Terpapar orang sakit flu, pilek dan batuk
Ini sih gak anak - anak aja yang langsung ikutan sakit dan demam, orang dewasa juga ya.
4. Diare
Kedua anak saya sering demam kalau lagi diare. Wajar sih ya, tubuh lagi berperang melawan virus dan bakteri di usus jadi pasti demam.
5. Terkena penyakit tertentu.
Typus, cacar dan demam berdarah adalah penyakit yang juga rentang dialami anak - anak. Kalau udah terkena penyakit di atas, udah pasti anak - anak demam.
Penyebab demam emang rupa - rupa. Tapi biasanya penyebabnya ya itu - itu aja. Saya sih biasanya mencatat setiap anak - anak sakit dan demam. Jadi kalau mereka demam lagi oleh penyebab yang sama, udah tahu harus ngapain.

Lakukan 5 Hal Ini Ketika Anak Demam

Kalau anak - anak udah demam naik turun terus ngapain dong? Langsung bawa ke dokter? Saya sih gak pernah langsung bawa ke dokter. Saya lakukan 5 hal dibawah ini sebelum akhirnya membawa ke dokter kalau gak ada perubahan. 
1. Balur parutan bawang merah dan kayu putih
Resep turun temurun ya kalau anak - anak demam pasti badan, punggung dan kaki langsung dilumuri potongan atau parutan bawang merah dan dicampur kayu putih. Kalau hanya masuk angin biasa, diare dan si kakak minum minuman kemasan sih, pakai cara ini ampuh. Biasanya besoknya si demam turun.
Tapi kalau demam karena bapil, gak cukup cuman di Balur pake ramuan ini. Harus ditambah Paracetamol juga.




2. Balur Daun Ludih

Daun Ludih
Daun ludih bisa banget buat nurunin demam anak - anak. Cara ini cukup ampuh lho sama halnya dengan balur bawang merah dan kayu putih. Saya pernah pakai ramuan ini ketika Kilan masih bayi begitu juga kakaknya.
Daun ludih atau gedi punya bentuk mirip daun singkong, bahkan punya bentuk batang dan tangkai yang sama.
Daun ini memang agak susah nyarinya. Karena jarang banget orang sengaja nanem daun ludih di halaman rumahnya apalagi di perkotaan. Untungnya saya tinggal di perkampungan, masih banyak yang nanem daun ludih. Biasanya sengaja ditanam depan rumah atau di pinggiran sawah dan kebun. Kebetulan tetangga saya punya banyak tanaman daun ludih. Caranya gimana bikin ramuan daun ludih? 
  • Siapkan setengah gelas air dalam baskom kecil atau rantang untuk daun ludih.
  • Siapkan Daun ludih 2 - 3 lembar
  • Masukan daun ke dalam air dalam baskom
  • Remas daun hingga agak halus
  • Balur punggung, badan dan kaki anak dengan remasan daun ludih
3. Minum rebusan cacing kering atau minum kapsul cacing
Kalau ibu -ibu punya sawah atau tetangga nya yang punya sawah, bisa banget bapaknya anak - anak disuruh nyari cacing tanah disana. Jangan cacing dipekarang rumah apalagi Solokan. Karena cacing tanah di sawah dan tanah pekarang rumah itu beda.
Agak jijik memang, tapi ramuan ini lumayan ampuh juga buat nurunin demam pada anak.
Usahakan nyari cacing tanah cukup banyak ya, kira - kira 10 ekor. Terus bersihkan lalu rebus dalam panci hingga menyisakan 3 gelas. Ambil takaran 1 gelas dan Langsung kasih ke anak yang sedang demam. Minum rebusan sisanya ya. Dikasih jangka waktu seperti minum obat 3x sehari.
Kalau gak mau repot nyari cacing ke sawah, langsung cuss ke apotek dan beli cacing kering atau kapsul cacing. Lebih praktis sih 😂

cacing kering obat demam
Cacing kering tersedia di apotek

Kapsul cacing tersedia di apotek
Kapsul cacing tersedia di apotek, biasanya segini 15ribuan



4. Minum Paracetamol
Biasanya selain dibalur bawang merah dan kayu putih atau daun saya juga kasih Paracetamol. Biasanya si demam lebih cepat turunnya.
Tapi kalau sambil minum rebusan cacing, kasih jeda waktu 2 - 4 jam sebelum dikasih paracetamol.
5. Bawa Ke Dokter
Balur bawang plus kayu putih udah, tapi gak mempan. Lalu coba dengan daun dan daun binahong, demam masih belum turun juga. Kasih cacing deh akhirnya, eehh masih belum turun juga. Udah dikasih paracetamol juga masih gak turun. Panik dong saya!!
Pernah tuh kejadian kayak gini. Segala ramuan dikasiin selama 3 hari. Tapi tiap hari beda - beda treatment ramuan. Dicoba yang a lalu yang b kalo gak berhasil. Gak berhasil semua? akhirnya ya tentu atuh bawa ke dokter. Kalau ditunggu lebih lama kasian anak menderita karena demam. 
Demam naik turun apalagi selama 3 hari, penyebab utamanya adalah kekebalan tubuh. Jadi, pake ramuan tradisional di atas gak bisa nurunin demam yang naik turun. Harus ke dokter.
Biasanya dokter bakalan kasih obat penurun panas ( tetep ya itu mah wajib ), antibiotik dan vitamin. Kalau penyebab demamnya bapil, dikasih juga obat buat bapilnya. Kalau karena diare, ya dikasih obat diare syrup atau attapulgite dan zinc.

Antisipasi Biar Gak Sering Demam


Biar anak gak sering demam, disiplin dan ketat menjaga aktivitas serta asupan makanan dan minuman jadi hal yang harus banget diperhatikan. Saya jadi disiplin untuk hal - hak berikut biar anak - anak gak sering demam :
  1. Say no to minuman kemasan gelas
  2. Makan gak boleh telat
  3. Cuci tangan sebelum makan
  4. Abis main dari Balong atau sawah langsung mandi
  5. Gak main air atau minum yang dingin - dingin kalau matahari terik
  6. Gak langsung mandi kalau abis main badan keringetan semua
  7. Gak terlalu lama di kamar mandi apalagi mandi sambil main air di jolang sambil pura - pura renang. Gak boleh banget pokoknya
  8. Kalau ada temennya yang lagi bapil, dengan terpaksa gak main sama temennya itu dulu
  9. Kalau mamah atau Babah lagi bapil, gak boleh makan satu piring dan sendok juga minum dari gelas yang sama dengan anak - anak.
  10. Gak main diluar kalau angin lagi besar dan matahari terik. Juga kalau lagi hujan. Walau kata iklan mah main hujan itu baik kok buat anak, tapi saya sih melarang meski anak - anak selalu saya kasih booster vitamin buat daya tahan tubuh. Main airnya gak nangung, saya ajak renang aja sekalian. Biar puas 😂
  11. Membersihkan rumah dan basmi tikus dan kecoa. Karena kotoran dan tikus dan kecoa juga bisa menjadi saran penyakit nantinya. 

Demam emang bikin ketar ketir


Iya banget kan?? Tapi sekarang gak cemas lagi sih. Kalau anak - anak demam, saya cari tahu penyebabnya dan langsung kasih treatment ramuan diatas. Kalau selama 3 hari demamnya masih naik turun, saya gak ragu lagi dong langsung bawa ke dokter.
Kalau mom gimana pengalaman mengatasi demam pada anak - anak mom's ? Puny cara yang berbeda? Cerita dong di kolom komentar 🥰

sekolah kreasa montessori


Ada banyak cara mengenalkan si kecil usia 3-6 tahun kepada dunia pendidikan dan sekolah. Salah satunya adalah dengan bergabung dengan Kreasa Montessori Class. Kilan si bungsu anak kami pun ikutan dan merasa gembira
Montessori class sengaja mamajokaa pilih karena kelas montessori mengajak anak - anak terutama usia 3 - 6 tahun untuk belajar dan bermain dengan mengikuti metode montessori. Kenapa harus montessori sih?

Mengenal Montessori 


Metode montessori merupakan metode pendidikan untuk anak-anak berdasarkan teori perkembangan anak dari Dr. Maria Montessori. Metode Montessori umumnya diterapkan di prasekolah dan sekolah dasar dan memiliki ciri - ciri sebagai berikut :
  • Menekankan pada aktivitas pengarahan diri pada anak dan pengamatan klinis dari guru.
  • Menekankan pentingnya penyesuaian dari lingkungan belajar anak dengan tingkat perkembangannya
  • Menekankan peran aktivitas fisik dalam menyerap konsep akademis dan keterampilan praktik
  • Menggunakan otodidak (koreksi diri) untuk memperkenalkan berbagai konsep.
  • Montessori merupakan sebuah metode dan pendekatan bagi anak untuk belajar dan bermain yang menurut saya menyenangkan bagi anak. Oleh karena itu saya ingin mencoba mengikutsertakan anak bungsu kami, Kilan dalam montessori class bersama Kreasa Montessori Class.

Kreasa Montessori Class


kreasa montessori class
Kilan bersama Kelas kreasa
Kreasa adalah sekolah kreativitas berbasis online dengan sistem fun learning yang menyediakan berbagai program belajar bagi anak-anak. Kreasa memberikan pilihan program dengan kurikulum non formal yang menyenangkan agar minat, bakat dan kreativitas anak-anak terus tumbuh dan terasah melalui materi komprehensif yang terintegrasi digital secara fleksibel dan personal.
Kreasa Montessori Class merupakan kelas online dengan metode montessori untuk anak usia 3 - 6 tahun. Kreasa Montessori class yang Kilan ikuti berlangsung setiap hari senin dan kamis pukul 09.00 WIB mulai dari tanggal 14 Maret 2022 sampai 7 April 2022.

fasilitas kreasa montessori class
Kreasa Montessori Class


Kreasa Montessori Class yang Kilan ikuti kali ini terdiri dari 8 kali pertemuan dengan berbagai macam materi dan disertai dengan fasilitas seperti :

• Toolkit
• E-Module
• E-Certificate
• Progress Report
• Zoom recording
• Photo docs

Kelas Kreasa Lainnya


Selain Kreasa Montessori Class, Kreasa juga memiliki banyak program kelas untuk anak - anak seperti :
  • Kelas Animasi
  • Kelas Design
  • Kelas Comic
  • Kelas Steam
  • Kelas Writing
  • Kelas Montessori
  • Kelas Baking
  • Kelas Tahfidz
  • Kelas Arabic
  • Kelas French
  • Kelas English
  • Kelas Public Speaking
  • Kelas Waste Management
kelas di kreasa
Program kelas Kreasa


Kelas - kelas yang tersedia di Kreasa juga disertai dengan berbagai macam fasilitas, seperti :
  • Online Meeting
  • Module
  • Progress Report
  • Video Illustration
  • Video Recording
  • Certificate
  • Documentation
  • Parents Consultation
wow, pilihan kelasnya banyak ya mom. Tertarik yang mana nih mom? selain kreasa montessori class, saya sih tertarik dengan kelas bahasa ya. Karena dengan begitu, Kilan bisa belajar bahasa lain selain bahasa yang sudah dikuasai yaitu Bahasa Indonesia dan Bahasa Sunda. 

Pengalaman Kilan Ikutan Kreasa Montessori Class


Ketika pertama kali saya bilang kalau Kilan ikutan kelas online seperti kakaknya, respon Kilan excited. Dengan semangat Kilan sudah mandi pagi dan sarapan sebelum ikutan Kreasa Montessori Class setiap hari senin dan kamis. Meski belum lancar berhitung dan belum mahir menggunakan toolkit craft seperti gunting dan lem, dengan bantuan dari saya tentunya, Kilan senang mengikuti kelas.
Meski demikian, namanya juga anak - anak ya pasti ada masa tantrumnya. Kilan juga demikian. Tantrum Kilan karena sedang gak mood dan ingin ikutan main bareng kakaknya. Meski saya rayu dan coba membujuk, dia malah tambah “mengamuk”. Jadi ya tentu saja saya tidak memaksa dan izin libur satu hari karena tantrum nya itu.


kreasa montessori class activity
Aktivitas Kreasa Montessori Class

bermain bersama Kreasa Montessori Class
Kilan Belajar dan bermain bersama Kreasa Montessori Class

zoom kreasa montessori class
Belajar dan bermain bersama teman-teman di Kreasa montessori class


Tetapi setelah tantrum yang satu hari itu, Kilan kembali semangat ikutan kelas - kelas selanjutnya. Kilan termasuk anak laki - laki yang pemalu dan agak sulit bicara di depan umum karena gak pede nya ini. Jadi PR nih buat saya sebagai ibunya untuk melatih Kilan agar lebih berani dan malu lagi ketika bertemu dengan orang atau teman - teman baru. Terlebih lagi Kilan akan segera masuk TK tahun ini.
Session Day berapa nih yang paling Kilan suka? Kilan suka sekali kelas Day 1 Mathematics yaitu membuat Roket angka, Day 4 Cultural - Geography yaitu membuat awan hujan dan Day 8 Mathematics yaitu kelas membuat Jam.

Join Yuk Mom


Untuk Mom yang ingin mengikutsertakan putra/putrinya dengan Kreasa Montessori Class boleh banget Mom. Untuk info lebih lanjut boleh hubungi Tim Kreasa di situs resmi Kreasa dan juga akun instagram kreasa di @kreasa.id.

LingoAce mandarin untuk anak




Banjir Review Positif, LingoAce Siap Bantu Anak Belajar Mandarin. Cung yang masa muda nya ditemani serial Mandarin white snake legend atau Legend of the Condor Heroes? saya ngacung dong. Saking gembiranya menonton serial tersebut, saya sering bermain pura-pura menjadi Bibi Lung dan White Snake. Baik film maupun serial Mandarin saya cukup menyukainya. Terkait film apalagi, semua film Jet Li saya suka. Begitu pula film-film Jackie Chan.
Akan tetapi kali ini saya bukan ingin membahas film mandarin, melainkan bahasa Mandarin. Bicara soal bahasa, kita semua tahu bahwa bahasa merupakan aspek penting dalam berkomunikasi. Melalui komunikasi, pemikiran satu orang dengan pemikiran lain akan terhubung. Belajar bahasa bisa menjadi sebuah investasi dan menjadi hal yang cukup penting dan dapat menambah wawasan serta pengalaman baru. Terlebih bahasa yang tidak kita gunakan sehari-hari tetapi kita tertarik dengan bahasa tersebut, seperti bahasa Mandarin.
Saya cukup tertarik untuk belajar bahasa mandarin namun sering mengalami kesulitan dalam mempelajari bahasa Mandarin. Agar anak-anak saya tidak mengalami kesulitan yang sama maka sudah menjadi kewajiban saya sebagai orangtua untuk memperkenalkan bahasa Mandarin sejak mereka usia dini. Tentu saja dengan cara yang menyenangkan, autentik dan efektif.
Ada satu cara agar anak-anak dapat belajar bahasa Mandarin dengan cepat bahkan bisa belajar dirumah, yaitu belajar bahasa mandarin bersama LingoAce. Tidak perlu khawatir karena LingoAce sudah berpengalaman dan cukup bagus sebagai lembaga bahasa Mandarin, hal ini terbukti dengan banyaknya review positif pada LingoAce.

Alasan Bahasa Mandarin Perlu Dipelajari Sejak Usia Dini


LingoAce Siap Bantu Anak Belajar Mandarin


Bukan hanya karena agar lebih mudah menikmati serial atau film berbahasa mandarin, tetapi juga untuk mempermudah komunikasi dengan lembaga atau klien yang menggunakan bahasa mandarin kelak. Itulah alasan kenapa anak-anak dan juga saya perlu memperlajari bahasa Mandarin.
FYI, bahasa Mandarin termasuk kedalam salah satu bahasa resmi yang diakui oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB.). Selain itu, terdapat 1,2 miliar native speaker bahasa Mandarin diseluruh dunia, sehingga bahasa ini juga harus dipelajari di masa kini.
Belajar bahasa memang tidak mudah, terutama bahasa Mandarin yang membutuhkan waktu sekitar 3-5 tahun. Oleh sebab itu, mempelajari bahasa mandarin ada baiknya mulai dipelajari sejak usia dini. Anda bisa belajar bahasa Mandarin di LingoAce dan mengikutsertakan si kecil dalam kelas Mandarin.

Simak Kelebihan LingoAce yang Tidak Banyak diketahui

 
LingoAce sebagai lembaga kursus dan les Mandarin favorit orang tua memiliki beberapa keunggulan seperti :
  • Memanfaatan teknologi modern untuk membuat suasana belajar yang optimal
  • Memperhatikan perancangan kelas secara mendetail dengan ukuran kelas dalam lingkup kecil agar setiap anak mendapatkan perhatian yang cukup serta agar lebih fokus.
  • Materi yang disajikan berkualitas dan dalam proses pembelajarannya terdapat feedback dari guru secara langsung.
  • Guru-guru dia LingoAce merupakan native speaker yang profesional dan sangat terpercaya.
  • Setiap perkembangan dari performa anak akan selalu dilaporkan kepada orang tua secara transparan sehingga Anda bisa mengetahui perkembangan pembelajaran mereka.

Gambaran Program dan Kurikulum LingoAce


LingoAce memiliki program pembelajaran bahasa Mandarin yang menyenangkan untuk anak - anak. Program tersebut dapat dipilih dan disesuaikan dengan kemampuan anak, kepribadian anak, usia, hingga tujuan belajar bahasa Mandarin mereka.
LingoAce memiliki dua program khusus yaitu International Program dan Singapore Program dengan level dan usia tertentu. Kedua program tersebut memiliki sistem pengajaran yang inovatif dan terpadu. Selain sistem pengajaran, kurikulum yang digunakan juga dikembangan dengan cermat oleh pakar kurikulum yang ahli dalam bidangnya dan juga disesuaikan untuk memenuhi kebutuhan dari setiap anak agar dapat berkembang secara optimal.

Kursus Bahasa Mandari di LingoAce aja


Saya sebagai seorang emak - emak tertarik dengan program yang ditawarkan oleh LingoAce untuk anak-anak saya. Apalagi LingoAce memiliki kelas free trial dari LingoAce secara gratis! Kapan lagi ada kelas gratis bahasa Mandarin? jarang-jarang sih menurut saya. Anda tertarik? yuk segera daftarkan diri Anda sekarang juga.

review aplikasi blu




Honestly, sudah sejak lama saya ingin menjadi nasabah BCA tapi tak kunjung terwujud jua. Alasannya sederhana, karena malas mendatangi kantor BCA. Padahal sih tinggal naik motor dan gak nyampe 30 menit tiba di bank BCA yang dekat dengan rumah saya. Tapi yang bikin males bukan soal pergi nya, melainkan ngantrinya. Repot karena saya harus membawa serta anak laki-laki saya karena tidak bisa ditinggal. 
Kegembiraan Menyambut Ramadan 2022



Kegembiraan Menyambut Ramadan 2022. Alhamdulillah tahun ini saya masih diberikan kesempatan bertemu lagi dengan bulan suci Ramadan 2022. Bulan yang pernuh berkah dan rahmat dari Allah SWT. 


Tiga hari ini cuaca gak jelas dan gak bisa ditebak, mirip perasaan kamu ke aku....ahiiw. Tapi emang beneran sih, setelah berminggu - minggu hujan badai juga angin dan hujan es di beberapa wilayah dan sekarang cuaca panas.
Tips Mencari Nama Bayi Laki - Laki



Aku masih ingat 8 tahun yang lalu, sepulang dari mendapat hasil USG di usia kehamilan 4 bulan, yang aku lakukan adalah menyiapkan nama bayi laki - laki. Yaa, Alhamdulillah anak pertama kami laki - laki.
testimoni dari penderita sakit batu empedu




Beberapa hari yang lalu saya membaca Testimoni Mosehat untuk sakit Batu Empedu dan sembuh setelah mengkonsumsi Mosehat. Subhanallah, ada yang sembuh setelah mengkonsumsi 3 minggu. Ternyata memang kita bisa mengkonsumsi Mosehat untuk sakit batu empedu kita. Saya jadi teringat pengalaman saya pernah menjadi penderita sakit batu empedu.
Saya pernah terkena sakit batu empedu yang gejalanya sudah terasa sejak tahun 2016. Karena saya kerap mengalami kolik batu empedu lantas saya berobat ke rumah sakit. Dokter bedah menyarankan saya untuk segera melakukan pengobatan dengan tindakan operasi pengangkatan kantong empedu.
Tetapi karena satu hal dan yang lainnya saya menunda hal tersebut. Hingga akhirnya sakit batu empedu saya semakin parah dan mengakibatkan terjadinya migrasi batu empedu ke saluran empedu juga peradangan kantung empedu. Akibatnya seluruh tubuh saya menguning dari ujung kepala hingga mata. Sehingga pada bulan September 2021 silam akhirnya kantong empedu saya diangkat.
Tidak ada tindakan pengobatan lain selain pengangkatan kantong empedu saking sudah terlalu parahnya sakit batu empedu yang saya derita. Saya akui ini kesalahan saya karena menunda pengobatan baik dengan dokter maupun alternatif melalui ramuan jamu - jamuan. Jika memang saya memilih menunda berobat ke dokter, ada baiknya memang saya berikhtiar berobat alternatif yang tepat. Seperti mengkonsumsi Mosehat untuk sakit Batu Empedu saya.
Sayangnya memang saat itu saya belum berjodoh dengan Mosehat dan akhirnya harus melalui proses operasi pengangkatan kantong empedu. Tapi tidak mengapa, untuk menjaga kesehatan saya tidak akan menyerah dan  tetap berencana mengkonsumsi Mosehat.
Saya sudah konsultasi dengan Mosehat terkait hal ini melalui layanan whatsapp mereka. sebaiknya saya mengkonsumsi Mosehat untuk sakit Batu Empedu setelah pasca operasi pengangkatan kantong empedu untuk menjaga daya tahan tubuh.
Terlebih sekarang saya sudah tidak lagi memiliki kantong empedu, otomatis daya tahan tubuh saya akan bekerja ekstra untuk menjaga tubuh dari serangan virus dan bakteri. Karena tugas ini sebelumnya dilakukan oleh kantong empedu dalam tubuh saya.
Bagi anda yang juga sedang mengalami sakit batu empedu, saya sarankan mencoba mengkonsumsi Mosehat sebagai pencegahan dan juga pengobatan. Jangan sampai terlambat seperti saya.

Mosehat Untuk Pengobatan Batu Empedu


Mosehat merupakan obat berupa jamu tetes yang mengandung ekstrak daun kelor yang diformulasikan oleh LAB berpengalaman . Mosehat untuk pengobatan batu empedu sudah diolah secara higienis dan Modern. Mosehat mampu menyembuhkan sakit batu empedu seperti gambar dibawah ini.

mosehat mampu mengobati sakit batu empedu seperti
Gejala sakit batu empedu bisa sembuh dengan Mosehat


Kandungan Mosehat Untuk Pengobatan Batu Empedu


Mosehat merupakan jamu yang mengandung ekstrak daun kelor ( Moringa Oleifera ). Mosehat Extra Moringa termasuk tanaman yang direkomendasikan oleh WHO untuk kesehatan karena Mengandung :
  • 7 x vitamin C pada jeruk,
  • 4 x calcium pada susu
  • 4 x vitamin A pada wortel
  • 2 x protein pada susu
  • 3 x potasium pada pisang
Selain itu, tanaman daun kelor juga sudah banyak digunakan oleh banyak masyarakat dari berbagai etnis untuk untuk mencegah dan mengobati lebih dari 300 jenis penyakit.

mosehat terdiri dari apa saja?
Kandungan utama dalam Mosehat



Selain ekstrak daun kelor, Mosehat juga mengandung Nigella Sativa Dan Propolis. MOSEHAT mengandung kadar antioksidan tinggi karena mengandung perpaduan antara ekstrak daun kelor, nigella sativa dan propolis. Mosehat juga mampu menyeimbangkan hormon steroid dan meredakan peradangan dan mampu mengobati Batu Empedu Secara efektif.

Kapan Sebaiknya Mengkonsumsi Mosehat?

Sebaiknya anda mengkonsumsi Mosehat Sekarang juga. Bukan hanya untuk menjaga kesehatan tetapi bagi anda yang mulai merasakan gejala sakit batu empedu seperti :
  1. Sakit pada bagian perut kanan atas hingga perut dan punggung
  2. Merasakan meriang disertai mual, muntah
  3. Cairan urine berwarna kuning gelap
  4. Mengalami Diare
  5. Mengalami sakit Maag
  6. Pada tingkat yang lebih parah dapat menyebabkan mata kuning dan seluruh badan terasa gatal
  7. Merasakan Kolik mulai dari hitungan jam hingga berhari-hari
Anda dapat mengkonsumsi Mosehat dengan hanya meneteskan mosehat sebanyak 8-10 tetes ke dalam 50 ml air hangat. Gunakan sendok plastik atau kayu dan diminum 3 x sehari. Mosehat tersedia hanya satu ukuran saja, yaitu netto 30 ml.

Keamanan Mengkonsumsi Mosehat


Anda tidak perlu khawatir terkait produk Mosehat, karena Mosehat sangat Aman digunakan untuk mengobati batu empedu pada ibu hamil dan ibu menyusui.
Mosehat juga sudah teruji secara klinis memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan serta sudah terdaftar di BPOM dengan nomor BPOM TR 193 627 491. Mosehat sudah memiliki lisensi halal dengan nomor LPPOM-00130140370122

Manfaat Lain Mosehat


Selain untuk pengobatan batu empedu, Mosehat juga memiliki manfaat untuk mengobati berbagai macam penyakit sebagai berikut :


mosehat bisa menyebuhkan sakit apa saja
Penyakit yang bisa sembuh dengan Mosehat


Banyak sekali ya manfaat dari Mosehat ini. Bagi anda yang penasaran dengan testimoni Mosehat, bisa langsung berkunjung ke situs mosehat atau menonton video di bawah ini.

Testimoni Mosehat


Jaga Kesehatanmu Sekarang Juga


Salah satu penyebab timbulnya penyakit dalam tubuh adalah sembrono dalam memfilter makanan yang masuk ke dalam tubuh terutama penyakit batu empedu. Selain karena faktor kelebihan hormon dan stress, batu empedu juga bisa muncul akibat mengkonsumsi lemak secara berlebihan. lemak berlebih akibat mengkonsumsi nasi berlebihan, gorengan, tetelan, mie bakso dan menggoreng menggunakan minyak berlebih.
Oleh sebab itu yuk jaga tubuh kita dari penyakit batu empedu dan juga penyakit lainnya dengan mengkonsumsi Mosehat secara rutin. Bagi anda yang membutuhkan Mosehat untuk sakit batu empedu atau menjaga kesehatan pasca operasi pengangkatan batu empedu, silahkan langsung menghubungi tim admin marketing Mosehat di nomor whatsapp +62 813-2462-9950 atau mengunjungi akun instagram @mosehatid.
Harga Mosehat yang terjangkau yaitu hanya Rp 195.000 menurut saya sangat layak di beli. Mengingat manfaatnya yang luar biasa terhadap sakit batu empedu dan juga penyakit lainnya.
Semoga lekas sembuh ya bagi anda yang sedang sakit, terutama sakit batu empedu. Melalui ikhtiar mengkonsumsi Mosehat  dan bersabar semoga sakit anda segera sembuh. 

Referensi
testimoni.id
akun instagram testimoniid
Wikipedia
tips berinvestasi bagi freelancer dan sudah berkeluarga




Tips Sebelum Berinvestasi Bagi Freelancer. Sebelum Berinvestasi ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Karena kalau salah langkah dan perencanaan bisa fatal akibatnya. 
Bicara soal investasi, Baru akhir tahun 2021 kemarin saya mempertimbangkan memiliki investasi. Hasil renungan semalam sebelum menjelang tahun baru. Sehabis pesta sederhana, bakar-bakar sate dan hatiku yang kepengen jalan-jalan ke kota tapi eh, gak bisa karena PPKM level 4. Ya sudah, kami menyerah dan tahun baruan dirumah, hehehe. Akhirnya malam tahun baru saya pakai muhasabah aja sambil memandangi anak-anak tidur.
pengalaman penderita kusta




Pengalaman Penderita Kusta Terhadap  Stigma Kusta. Kita semua tahu bahwa pasien penderita kusta selalu diberikan stigma negatif sejak dulu, bahkan ketika penyakit kusta pertama kali ditemukan hingga sekarang ketika dunia bersiap memasuki metaverse.
Rasanya its doesnt make sense at all kalau penderita kusta masih merasakan stigma dijaman metaverse hari gini. Tapi nyatanya mereka masih merasakan efek stigma negatif terhadap mereka.
source : atinydreamer.com



Pengalaman ngekost setiap orang pasti berbeda satu sama lain. Ada yang ngekos waktu kuliah, kerja bahkan setelah menikah. Alasan ngekos tentu disesuaikan kebutuhan nge-kost untuk apa, iya kan?
Anak mahasiswa rata-rata 90% nya ngekos, terlebih bagi mereka yang rumahnya di luar kota. Pengantin baru juga ada yang ngekos karena belum mampu membeli rumah. Begitu juga yang lagi kerja, ngekos karena rumah jauh dan agar lebih dekat dengan tempat kerja dalam rangka menghemat ongkos.
Kamu yang lagi ngekos termasuk yang mana? atau pernah ngekos juga? gimana sih cara kamu biar betah ngekos dan gak pindah-pindah kosan? kalau aku pertama kali ngekos waktu kerja dan udah pindah sebanyak 4 kali.. Alasan aku ngekos, off course dong karena jauh dari rumah dan biar gesit kalau bangun kesiangan dan gak telat masuk kerja, hihihi.

Tips Agar Betah Di Kosan Kecil

Ngomongin soal kosan, ukuran kamar kosan kan kecil ya rata-rata. Kebanyakan sekitar 3x4 meter bahkan ada yang lebih sempit, hanya 2x3 meter aja. Terus gimana caranya nih biar betah di kamar kosan yang sempit itu? beriku tips  agar betah di kosan kecil yang cuman 2x3 meter aja, ala mamajokaa.

1. Perhatikan Cara Menata Kamar

Gimana cara menata kamar supaya rapi dan gak bikin sempit? Ini penting banget! memperhatikan letak tempat tidur, lemari dan perabot lain sangat mempengaruhi ruang gerak kamar kosan. Tips agar betah di kosan kecil yang pertama adalah menata kamar, mulai dari memilih tempat tidur tanpa risbang, gelar karpet biar gak dingin dan pilih ukuran single. Selain urusan kasur juga perhatikan letaknya dimana dan sesuaikan agar lemari bisa masuk begitu juga perabot lain. Perhatikan sirkulasi gerak, jangan sampai salah menempatkan kasur, lemari dan lainnya pada posisi yang salah malah bikin susah gerak. Inget, kamar kosannya cuman 2x3 meter aja!Kalau masih bingung, bisa berselancar nih di blog.cove.id untuk tips lainnya.

2. Pilih furniture yang kecil Tapi Banyak Fungsi

Tips agar betah di kosan kecil yang kedua adalah memilih furniture. Misal, pilih lemari baju yang bisa sekalian simpen TV atau air galon. Bisa pake lemari kayu berbahan serbuk kayu yang lumayan kuat menahan beban air galon atau TV. selain memilih lemari, juga pilih meja atau rak buku yang bisa sekalian buat nyimpen rak piring di atasnya atau jadi meja belajar.

3. Jangan Menimbun terlalu Banyak Barang, Pilih Yang Penting

Yess, berikutnya Tips agar betah di kosan kecil yang ketiga yaitu pilih barang/furniture yang penting. Gak usah simpen lemari terlalu besar terus isinya gak penuh. Jangan juga menyimpan sepatu dalam dus, gunakan rak sepatu biar muat semua koleksi sepatu kamu. Sampah? jangan dibiasakan menumpuk.

4. Rapihkan

Apa yang dirapihkan? Tips agar betah di kosan kecil berikutnya adalah merapihkan tempat tidur, isi lemari, isi rak dan barang di kamar kosan. Tujuannya tentu agar kamar kosan terlihat rapih dan bersih sehingga kita nyaman berlama-lama di kamar kosan

5. Pilih Kosan yang aman, nyaman dan bikin betah

Pilih kosan yang sirkulasi udaranya baik, terkena sinar matahari, punya ruang jemur laundry dan tidak lembab. Keamanan gedung kosan juga sangat diperlukan. Bukan hanya keamanan dari pencurian tapi juga yang ngekos. Penting bagi pemilki kosan untuk meminta data KTP sebagai administrasi jika dikemudian hari ada tindakan kriminal dari penyewa kamar kosan. Terkait keamanan dan kenyamanan merupakan Tips agar betah di kosan kecil yang cukup krusial. 

Pengalaman Ngekos Yang Tak terlupakan

Ada pengalaman lucu, menyeramkan dan bikin sedih selama aku ngekos jaman kerja dulu. apa aja sih pengalamannya?

1. Nebeng Temen Kerja

Pertama kali aku ngekos itu nebeng di kamar kostan temen yang akhirnya jadi sahabat deket sampai sekarang. Kalau diukur waktu, persahabatan kami udah berjalan selama hampir 17 tahun. Emang ngekos itu bisa mendatangkan temen baru atau temen lama jadi makin deket.

2. Tiap malam Begadang dan Jalan-jalan

Ini sih yang paling seru dari ngekos, setuju? yess, tiap hari hampir begadang dan menggibah. apa aja dighibahin, dari cowok ganteng sampai ngomongin gebetan, baju, kosmetik, film ….semuanya. Maklum, namanya juga ngekos bareng cewek-cewek pasti banyak banget lah yang diobrolin. Dan, pada akhirnya aku dan temen kosan lain malah jadi nge-genk sampai sekarang.

3. Nangis Bareng

Tentu dong, satu temen ngekos sedih, semua ikutan sedih dan nangis berjam’ah. Rasa kekeluargaan dan berasa gak sendiriannya kerasa banget. Bentuk suuport sahabat yang paling bikin terharu sih.

4. Gotong Royong Bikin Bonding Makin Kuat

Karena aku ngekos bareng sahabat aku, yang namanya gotong royong udah pasti selalu dilakukan. Mulai dari gotong royong mindahin barang, menata kamar agar rapih, gantian cuci piring sampai nabung bersama beli furniture

5. Ketemu Neng Geulis

Ini sih kayanya pengalaman semua yang pernah ngekos, ketemu neng geulis alias makhluk halus. Serem ya, tapi beneran aku sama sahabat - sahabat aku satu kosan pernah ketemu, di kosan itu pula. setiap kita ketemu, moment itu selalu jadi bahan obrolan recall memories.

Kesimpulan

Ketika kampus atau tempat kerja jauh, ngekos emang jadi pilihan yang membahagiakan meski harus ngeluarin kocek tiap bulan. Tapi sepadan dong dengan efektifitas dan efisiensi aktivitas. Agar kehidupan ngekos kita nyaman dan bikin betah, jangan lupa untuk tau cara menata kamar kosan sebaik mungkin. Juga, bersosialisasi dengan teman kosan sama pentingnya. 
Semoga Tips agar betah di kosan kecil ala mamajokaa ini bermanfaat ya buat kamu yang ada rencana ngekos. Share dong pengalaman dan tips lain yang kalian punya, di kolom komentar ya.